"PANCASILA" merupakan sumber dari segala sumber hukum negara. "UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945" merupakan hukum dasar dalam Peraturan Perundang-undangan. "NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA" merupakan konsensus dalam mewujudkan perjuangan bangsa Indonesia yang bersatu. "BHINNEKA TUNGGAL IKA" merupakan solusi dari kemajemukan bangsa.

Selasa, 21 Juli 2009

Cara Mengajukan Permohonan Pembukaan Pemblokiran Kegiatan Impor Secara Nasional

Selasa, 21 Juli 2009

Pemerintah dapat memblokir kegiatan impor perusahaan PMDN maupun PMA jika didapati tidak aktif menjalankan kegiatan impornya selama 12 (dua belas) bulan berturut-turut. Periode ketidakaktifan tersebut dihitung sejak penerbitan Surat Pemberitahuan Registrasi (SPR) yang dikeluarkan Pemerintah.

Namun apabila perusahaan penanaman modal asing (PMA) atau penanaman modal dalam negeri (PMDN) akan mulai kembali melakukan kegiatan impornya maka harus membuka pemblokiran tersebut dengan cara mengajukan permohonan Surat Rekomendasi Pembukaan Blokir Impor. Surat permohonan tersebut diajukan ke Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia dengan syarat melampirkan:
  1. Surat permohonan;
  2. Salinan Surat Pemblokiran dari Ditjen Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan Republik Indonesia;
  3. Salinan Angka Pengenal Importir Terbatas;
  4. Salinan SP dan/atau IUT;
  5. Nomor Pokok Wajib Pajak;
  6. Laporan Kegiatan Penanaman Modal;
  7. Dokumen Impor yang terdiri dari Pemberitahuan Impor Barang (PIB), Invoice, Packing List dan Bill of Landing (B/L);
Selanjutnya berdasarkan rekomendasi untuk pembukaan pemblokiran kegiatan impor, perusahaan dapat kembali melakukan kegiatan impor secara nasional untuk menunjang kegiatan perusahaannya. Surat rekomendasi untuk pembukaan pemblokiran kegiatan impor tersebut akan menganulir surat pemblokiran dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang sebelumnya telah dijatuhkan ke perusahaan. (Tim Editor)

 

Roam to Rome Blog- Moving to Italy, Travel, Studying in Italy.


FORUM PENANAMAN MODAL