"PANCASILA" merupakan sumber dari segala sumber hukum negara. "UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945" merupakan hukum dasar dalam Peraturan Perundang-undangan. "NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA" merupakan konsensus dalam mewujudkan perjuangan bangsa Indonesia yang bersatu. "BHINNEKA TUNGGAL IKA" merupakan solusi dari kemajemukan bangsa.

Minggu, 31 Januari 2010

SELAMAT DATANG

Minggu, 31 Januari 2010


Tata kelola pemerintahan yang baik merupakan komitmen negara untuk melayani kebutuhan rakyatnya dengan efisien. Jika itu disiapkan secara cermat, suatu negara dengan sangat sukarela harus menciptakan sistem administrasi pemerintahan yang memiliki tanggung jawab tinggi kepada publik.

Sebagai sebuah tuntutan masyarakat dun
ia, gagasan good governance sangat memprioritaskan hak asasi manusia serta kepastian hukum di dalam sistem pemerintahannya. Semangat ini kemudian melahirkan masyarakat madani yang dapat berperan sebagai pengawas pelaksanaan konsep kebijakan publik. Tugasnya adalah menjaga agar negaranya mampu melakukan tata kelola administrasi pemerintahannya secara optimal.

Forum Penanaman Modal bermaksud memberikan apresiasi terhadap kebijakan publik di bidang layanan penanaman modal langsung
(direct investment). Hanya sebagian kecil memang yang dapat dilakukan, namun keinginan untuk menggapai keterlibatan masyarakat; keterbukaan dan transparansi; daya tanggap; akuntabilitas; serta efisiensi dan efektivitas dalam layanan penanaman modal, setidaknya dapat dijalankan secara kolektif.

Kebersamaan ini penting, karena untuk menciptakan negara yang ramah, transparan, terbuka dan bersahabat dengan kegiatan penanaman modal tidak dapat dikerjakan sendirian. Antara
shareholders investasi dengan stakeholders investasi harus saling bergandengan tangan dan bersikap positif serta kritis dalam mewujudkan iklim investasi Indonesia yang tentunya dapat bertarung di tataran internasional.

Sebagai sarana diskusi, Forum Penanaman Modal
akan menjadi ajang tukar pendapat bagi siapapun yang ingin berbuat baik dalam menyempurnakan kinerja layanan publik di bidang direct investment. Demi mencapai itu semua, kami berupaya menyediakan ruang bagi pihak-pihak yang ingin mengutarakan permasalahan, memberikan pendapat maupun menyampaikan solusi bagi kepentingan iklim investasi di Indonesia.

Karena itu, silakan tulis semua pendapat atau persoalan tentang penanaman modal yang Anda miliki melalui "kotak komentar" pada posisi paling bawah di halaman ini. Setelah merasa cukup, pilih tombol "Poskan Komentar", maka tulisan Anda akan menjadi masalah bersama yang dapat dikomentari oleh siapapun.

Sepanjang persoalan yang Anda sampaikan merupakan fakta dalam kinerja layanan penanaman modal, jika merasa perlu, silakan tidak mencantumkan identitas Anda (pada "select profil", pilih "beri komentar sebagai" anonymous). Namun demikian kami tetap berupaya meneruskan tulisan itu kepada pihak yang berwenang terkait agar dapat ditindaklanjuti secara cepat dan konkret. Karena itu, selamat bergabung dengan FORUM PENANAMAN MODAL!
FitriWeningtyas&GitaIndrawanti

52 komentar:

Anonim mengatakan...

Kami dari Sekretariat Asosiasi Kawasan Pariwisata Indonesia (AKPI)
mengucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan guna pelayanan
investasi PMA.

Wassalam

Ida Irawati

Anonim mengatakan...

TERIMA KASIH INFONYA, SEMOGA MAJU TERUS !!!

Salam,
adrian

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini semoga dapat berguna untuk
anggota kami.

*Fajar AD Budiyono*
Sekretaris Jenderal INAplas

*INAplas
(The Indonesia Olefin Aromatic & plastic Industry Association)
Office :
Grand Wijaya Center Blok F No. 85
Jl. Wijaya II Blok A Kebayoran Baru Jakarta 12160 - Indonesia
Telp. : (62-21) 7269356, 9829 7778, 92405909
Fax. : (62-21) 7269356
e-mail : inaplas.jakarta@gmail.com
Web-site : www.inaplas.org*

Anonim mengatakan...

Nama: ipung
Email: ipungkawi@yahoo.co.id
Pesan: Sangat bagus, harusnya memang seperti ini informasi yang perlu diketahui
oleh publik. Selamat kepada pengelola, ini akan sangat membantu bagi calon
investor, para investor yang sudah exis, serta aparatur pelaksana di pusat maupun
daerah. Kembangkan terus blog ini, cari topik untuk didiskusikan bersama.

Anonim mengatakan...

Nama: SUGIANTO
Email: sugianto99@ymail.com
Pesan: berapa lama proses pengurusan pendaftaran PMA di PTSA BKPM! ada yang punya
info?
--
Visitor Ip: 114.58.75.177

Gatot SW mengatakan...

Sesuai Peraturan yang berlaku, pendaftaran akan diterbitkan dalam 1 (satu) hari kerja sejak permohonan diterima dengan lengkap dan benar.

Anonim mengatakan...

PTSP sama saja dengan yang lama (lagu lama kaset baru) Bagaimana tidak, sistem aja belum bisa bekerja dengan baik. Lihat saja sistem pendaftaran perluasan penanaman modal di BKPM sudak 3 minggu dirapatkan terus oleh petinggi-petinggi BKPM tetapi hasilnya, "mandeg". Gimana ni BKPM atau PTSP? Sekai lagi :LAGU LAMA KASET BARU

Anonim mengatakan...

Nama: zen
Email: jenreysimamora@yahoo.com
Pesan: mohon di jelaskan.. apakah ada biaya untuk perpanjangan LKPM?
trimakasih
--
Visitor Ip: 125.166.209.114

Al-Zahrotun mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Sepanjang yang saya tahu, setiap pengurusan layanan apapun di BKPM tidak dikenakan biaya.

Sesuai peraturan hukum yang berlaku, setiap layanan dari instansi pemerintah yang sudah didanai APBN sesungguhnya tidak boleh lagi memungut biaya layanan kepada masyarakat.

Namun hal itu bisa berlaku jika instansi tersebut memang telah menetapkan biaya layanan tertentu kepada masyarakat, dan itu harus diinformasikan secara jelas dan transparan di tempat penyelenggaraan layanan tersebut.

Dan kepada instansi yang mematok biaya layanan tertentu kepada masyarakat, maka instansi tersebut harus memiliki dasar hukum berupa peraturan pemerintah tentang penghasilan negara bukan pajak yang berlaku di intansi tersebut.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum WW.,

Soal yang menanyakan ada permohonan "perluasan" lama keluar keputusannya, ...sudah ada jawabannya belum/keluar keputusannya?

Untuk bidang pelayaran PMA, berapa batasan maksimal yang dibolehkan untuk saham asing?

Terima kasih.

Wassalamu'alaikum WW.

makhisaha mengatakan...

Sesuai informasi dari BKPM, memang SPIPISE sedang terus disempurnakan untuk mendukung PTSP baik di pusat maupun di daerah. Direncanakan memang memerlukan waktu paling lama 2 tahun untuk berlaku di seluruh provinsi, kabupaten/kota, instansi pusat. Saat ini memang baru beberapa bulan saja di launching pilot projectnya di batam dan telah sukses. Kita tunggu saja, yang jelas pemerintah telah bertindak semaksimal mungkin untuk memperbaiki iklim investasi di negara kita ini. Good luck

FORUM PENANAMAN MODAL mengatakan...

Terima kasih respon MAKHISAHA tentang keluhan investor yang mengalami kelambatan dalam mengajukan permohonan perluasan di PTSP BKPM.

Kami sendiri berpendapat jika investor sudah mengajukan setiap bentuk permohonan pelayanan perizinan dan nonperizinan dan kemudian memperoleh tanda terima terhadap pengajuan berkasnya, maka ia memiliki hak untuk dilayani oleh PTSP BKPM sesuai SOP yang berlaku.

Karena itu, silakan ajukan keluhan Anda langsung ke bagian Pelayanan Informasi dan Pengaduan Masyarakat di PTSP BKPM. Jika perlu, informasikan saja nomor registrasi dari tanda terima permohonan perluasan tersebut ke forum ini,sehingga keluhan Anda bukan merupakan rekayasa. Dan kemudian aparatur BKPM yang menanganinya dapat menindaklanjuti seseuai peraturan yang berlaku.

Selanjutnya tentang sektor pelayaran bagi PMA, hendaknya disebutkan dulu, apa bidang usahanya. Namun demikian, sebagian besar bidang usaha di sektor pelayaran, batasan maksimum kepemilikan modal asing sebesar 49%.

makhisaha mengatakan...

Menanggapi usulan mas Ipung bahwa kita bahas topik bersama, maka saya usulkan isu tentang apakah kita perlu meliberalkan ketentuan investasi kita. Dengan memasuki era globalisasi ini hampir setiap negara telah terseret arus untuk meliberalkan segala sesuatu termasuk perdagangan/barang, jasa, investasi, arus perpindahan manusia, dll. sehingga nampaknya masing2 diri manusia ini sudah tidak sadar lagi posisi dan kondisi berdirinya, apalagi mengetahui fungsinya hampir mustahil. Nah, untuk bidang investasi apakah kita juga perlu melakukan hal tersebut? meningat kita/Indonesia juga punya hak untuk mengatur soverignity kepentingan rakyat banyak apalagi terhadap resources yang makin menyempit ini.

Anonim mengatakan...

mohon informasi tentang berapa lama layanan penyelesaian pendaftaran penanaman modal

Anonim mengatakan...

Saya ditugaskan oleh perusahaan sebagai penanggung jawab LKPM. Selanjutnya mohon konfirmasi apakah ada yang perlu ditambahkan dari laporan LKPM yang sudah kami sampaikan ke BKPM Jakarta?
Maaf kalau laporannya akan dilaporkan secara online bagaimana prosedur dan tahapannya?
Mohon di confirmasi untuk jawabannya.

Terima kasih

(Laura Die)

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas respon baiknya. Sementara ini seluruh LKPM sedang diproses, kelak jika terdapat kekurangan, setiap perusahaan akan segera dihubungi. Tentang keinginan untuk memanfaatkan pengisian dan penyampaian LKPM secara online, maka dapat mengajukan Hak Akses terlebih dahulu.

Hak akses adalah hak yang diberikan kepada pengguna SPIPISE untuk memanfaatkan perangkat pelayanan elektronik tersebut, namun dengan syarat telah memiliki identitas pengguna dan kode akses. Hak akses dapat diajukan langsung ke BKPM maupun instansi penanaman modal tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang telah mengoperasikan SPIPISE. Pengajuannya melalui formulir permohonan hak akses, disertai persyaratan:
1. Dokumen perusahaan yang terdiri dari rekaman Akta Perusahaan yang terbaru serta rekaman pengesahan Akta Perusahaan tersebut oleh Kementerian Hukum dan HAM atau pengadilan atau Kementerian Koperasi dan UKM;
2. Dokumen pimpinan (penanggung jawab) perusahaan, berupa rekaman tanda pengenal pemohon (KTP atau paspor).
Jika pemohon tidak dapat mengajukan sendiri permohonannya, ia dapat menguasakan kepada pihak lain dengan menyertakan surat kuasa resmi. Surat kuasa harus bermaterai cukup dan dilengkapi identitas diri yang jelas dari penerima kuasa.

Setelah formulir Permohonan Hak Akses diisi dengan baik dan benar (dan telah ditandatangani di atas materai yang cukup), berkas permohonan (yang dilengkap dokumen yang diperlukan) langsung disampaikan kepada BKPM atau instansi penanaman modal provinsi atau kabupaten/kota yang dimaksud. Dalam waktu 2 (dua) jam setelah berkas diterima dengan benar dan lengkap, hak akses akan diberikan oleh petugas PTSP disertai pemberian akun investor.

Penanam modal wajib mengganti kode akses dalam waktu 1 (satu) hari setelah hak akses diberikan. Ini agar kode akses yang dimilikinya tidak diketahui pihak lain yang tidak berkepentingan. Jika dalam waktu sehari penanam modal tidak mengganti kode aksesnya, SPIPISE akan menghapus hak akses tersebut secara otomatis.

Jika ingin mengalihkan hak akses ke instansi penanaman modal daerah lainnya, investor dapat mengajukan perubahan secara langsung ke instansi yang menerbitkan hak akses tersebut.

Demikian
(Gatot SW)

diengindie mengatakan...

Ass.Wr.Wb.
Situs ini sangat bermanfaat menambah pengetahuan tentang Penanaman modal. ada hal yg perlu kami tanyakan. Ada sebuah kasus.

Modal/dana milik perseorangan tidak mempunyai badan usaha, bermaksud melakukan investasi bekerjasama menggunakan aset pemda di salah satu Kabupaten.
Ilustrasi:
Mr A punya dana 100 milyar. Agar investasi aman Mr A ingin bekerjasama pengembangan potensi pariwisata daerah dg Kabupaten B.

Pertanyaan:
1. Bagaimana mekanisme dan dasar peraturannya? mengingat peraturan tidak memungkinkan Pemda melakukan pinjaman daerah melebihi batas.
2. Apakah modal tersebut bisa langsung di inject ke BUMD?

Mohon penjelasannya, terima kasih.Wassalam

Gatot SW mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Melihat pertanyaan Diengindie tampaknya harus dibedakan antara investasi langsung dengan investasi portofolio. Jika investasi langsung, maka Mr A harus membuat badan usaha terlebih dahulu dan melalui perusahaannya ia dapat menggali potensi investasi yang ada di daerah maupun bekerja sama dengan BUMD yang berminat. Jika investasi portofolio, maka Mr A cukup membeli saham yang dimiliki BUMD melalui mekanisme pasar saham di Bursa Efek. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Diengindie, saya menambahkan informasi yaitu bila MR.A bermaksud melakukan investasi dananya maka bisa dilakukan dengan 2 cara ; pertama ybs memasukan modalnya sebagai penyertaan saham atas nama ybs ke dalam BUMD sehingga MR A merupakan salah satu pemegang saham, namun bila penyertaan modal berasal dari PT (Badan Hukum) maka pemegang saham atas nama PT ybs, cara ke 2 modal tersebut dipinjam oleh BUMD dengan perjanjian pinjam meminjam antara kedua belah pihak dgn mengatur hak dan kewajiban masing-masing. Untuk penyertaan modal BUMD tentu atas dasar persetujuan DPRD.

Dian Putera mengatakan...

Assalamualaikum...

Forum yth..

Mohon informasinya terkait dengan UU Minerba beserta peraturan pelaksanaannya..

1. Bagaimana hubungannya/sinkronisasinya antara Izin Usaha Pertambangan dengan Izin Usaha Tetap?
2. Perusahaan yang berinvestasi di sektor pertambangan sebelum izin yang dikeluarkan oleh daerah (IUP) sesuai permen esdm 28/2009 apakah mesti mendapatkaan IUT terlebih dahulu?
3. Bagaimanakah prosedur sebenarnya terutama masalah investasi di sektor pertambangan ini?

Demikian pertanyaan dari kami, mohon kiranya forum dapat memberikan pencerahan.

Wassalamualaaikum.

Anonim mengatakan...

Saya senang dengan adanya forum penanaman modal, karena bila ada permasalahan bisa didiskusikan. Ada satu pertanyaan:
Saya menerima kuasa untuk mengurus APIP perusahaan PMA dengan direktur orang Indonesia, apakah surat kuasanya harus di warmerking di notaris?

Sri Yono Wirjosuwarno mengatakan...

Keterbukan BKPM bagus, dalam mewujudkan good government. BKPM tidak terlepas dengan Kementerian Teknis, hal yang mungkin akan dihadapai dalam merealisasikan usaha, akan ada kendala non teknis dari kementerian yg bersangkutan. Apakah bila hal ini terjadi, BKPM masih bertanggung jawab terhadap realisasinya?

Sri Yono Wirjosuwarno mengatakan...

Keterbukan BKPM bagus, dalam mewujudkan good government. BKPM tidak terlepas dengan Kementerian Teknis, hal yang mungkin akan dihadapai dalam merealisasikan usaha, akan ada kendala non teknis dari kementerian yg bersangkutan. Apakah bila hal ini terjadi, BKPM masih bertanggung jawab terhadap realisasinya?

Anonim mengatakan...

Hendaknya kementrian terkait penanaman modal (BKPM) terus berupaya mengembangkan kapasitas lembaga penanaman modal di daerah khususnya kabupaten/kota sebagai lembaga yang paling bawah dan langsung berkepentingan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya, terima kasih.

Anonim mengatakan...

saya ada pertanyaan : bagaimana perlindungan hukum terhadap investor jika SPIPISE yang digunakan mengalami gangguan bahkan krusakan yang mengakibatkan hilangnya data data yang telah diinput oleh investor ?

terima kasih..

Normal Blood Pressure for Women mengatakan...

I just want to emphasize the good work on this , has excellent views and a clear vision of what you are looking for…

nichan mengatakan...

Secara teknis, bagaimana membedakan antara kegiatan perdagangan dengan kegiatan penanaman modal?..bidang usaha apa saja yang termasuk kedalam penanaman modal?..Ttims infonya..

nn mengatakan...

saya dari Tulungagung, Jawatimur. untuk hal penggunaan spipise proses apa yang harus dilakukan di tiap-tiap kabupaten agar dapat melaksanakan spipise sepenuhnya

Anonim mengatakan...

pertanyaan:
dalam kaitannya dengan hukum ketenagakerjaan, produk yang tercantum dalam izin prinsip perluasan penanaman modal bisa dikerjakan oleh pekerja kontrak (PKWT)? mengingat atas produk2 tersebut merupakan produk/aktivitas baru dan/atau masih dalam taraf penjajakan pasar?

Anonim mengatakan...

Selamat Siang.
fasilitas dan kemudahan apa sajakah yang di tawarkan oleh peerintah kepada penanaman modal baik asing maupun dalam negeri.
dan berkaitan dengan insentif daerah, kewenangan apa saja yang di peroleh pemerintah daerah terkait dengan pemberian insentif daerah tersebut.
Mohon tenggapannya.
terima kasih

Anonim mengatakan...

Perbedaan modal sama investasi proyek yang tercantum dalam Izin Usaha Industri / Izin Usaha Perluasan? mohon komentarnya.terimakasih

ILHAM SUDJONO mengatakan...

SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI HUTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL.
Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi,
Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah gaibnya, semua masalah Ekonomi hutang saya terselesaikan. untuk konsultasi tata caranya silahkan kunjungi wapsitenya di KLIK DISINI karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...








SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI HUTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL.
Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi,
Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah gaibnya, semua masalah Ekonomi hutang saya terselesaikan. untuk konsultasi tata caranya silahkan kunjungi wapsitenya di KLIK DISINI karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...




ILHAM SUDJONO mengatakan...

SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI HUTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL.
Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi,
Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah gaibnya, semua masalah Ekonomi hutang saya terselesaikan. untuk konsultasi tata caranya silahkan kunjungi wapsitenya di KLIK DISINI karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

Anak Ku mengatakan...

Dear Forum yang terhormat,

mohon informasi untuk download data nama dan alamat perusahaan - perusahaan baru dan yang akan didirikan tahun 2013 & 2014 untuk wilayah Jawa Timur, Kalimantan & Sulawesi

Regards,


Dewa

fa fa mengatakan...

selamat siang ,,,,

mohon informasi ,,, izin apa saja yang harus ada dalam sebuah perusahaan PMA dan izin apa saja yang harus ada dalam sebuah perusahaan PMDN

terimakasih

BPMP2T Provinsi Papua Barat mengatakan...

Profil Peluang Investasi di Wilayah Provinsi Papua Barat Silahkan Klik http://www.investinwestpapua.com/

obat sipilis ampuh mengatakan...

Terimakasih informasinya pak...salam kenal dan salam sejahtera

obat kanker ampuh mengatakan...

informasi bisnis yang bagus mas.. bermotivasi dan bermanfaat untuk kami.. terimakasih...

Obat Kuat Pria mengatakan...

PASANG iKLAN Anda Di sini...
Iklan Primium Dan Baris Gratis
Dengan Domain Sesuai Produk Anda Sangat Membantu Untuk Peringkat SEO
Website Anda Jadi Peringkat 1 GOOGLE.. cepat Buruan Gratisss.
Obat Kuat Jakarta
Obat Kuat Bali
Obat Kuat Balikpapan
Vakum Penis
Procomil Spray
Celana Hernia
Penggemuk Badan
Vakum Payudara

Tissue Magic
Pembesar Penis
Pelangsing Badan Herbal
Celana Hernia Butterfly
Vakum Payudara
Vakum Pembesar Penis
Peninggi Badan Grow Up
Vakum Penis
Alat Bantu Wanita
Jual Perangsang Wanita
Jual Obat Kuat
Obat Kuat Surabaya

Iklan Gratis Join Pt Moment Global Internasional.
Moment 2 u

Obat Kutil Kelamin mengatakan...

Sangat berguna sekali nih mas, bisa memotivasi saya

Namaku Keren mengatakan...

Obat Sipilis Ampuh
Obat Gonore Ampuh
Obat Klamidia Ampuh
Obat Wasir Ampuh
Obat Herpes Ampuh
Obat Jengger Ayam Ampuh
Obat Kanker Ampuh
Obat Kondiloma Akuminata Ampuh
Obat Kutil Kelamin Ampuh

doni wahyudi mengatakan...

Obat Ampuh Guna Sembuhkan Sifilis
Cara Menghilangkan Sipilis Tanpa Obat Kimia
Akibat Sifilis Yang Tidak Diobati
Obat Untuk Menyembuhkan Sipilis Yang Luka Di Penis
Cari Obat Untuk Luka Di Penis
Obat Sipilis paling Ampuh
Obat Sifilis Yang Ada Di Apotik
Obat Sipilis Dengan Tumbuhan
Obat Sipilis Mujarab

zalinah aruf mengatakan...

SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL. Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah ghaibnya, semua masalah Ekonomi dan hutang saya terselesaikan dengan cepat. untuk konsultasi tata caranya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

Andika bioskop21id mengatakan...

apa kabar kk, lama sudah tidak berkunjung
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya
[+] obat pembesar penis vimax asli canada | vmaxasli.in
[+] obat pembesar penis vimax asli canada | agenobatpembesarpenis.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada
[+] obat pembesar penis vimax asli canada Makasar | obatKuatsEx.info
[+] obat pembesar penis vimax asli canada jakarta | obatkuatku.us
[+] obat pembesar penis vimax asli canada bandung | vmax-id.top
[+] obat pembesar penis vimax asli canada Surabaya | erfashop.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada medan | vigrxplus-in.do.am
[+] obat pembesar penis vimax asli canada bekasi | obatkuat.ucoz.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada semarang | obatkuat.at.ua
[+] obat pembesar penis vimax asli canada malang | pelangsingbadan.ucoz.ae
[+] obat pembesar penis vimax asli canada solo | vimax.ucoz.com.br
[+] obat pembesar penis vimax asli canada tangerang | vakumpembesar.at.ua
[+] obat pembesar penis vimax asli canada kendari | vakumpembesar.ucoz.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada palembang | erfashopobatpembesarpenis.wordpress.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada ambon | erfashop-blog.logdown.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada papua | erfashop-com.tumblr.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada mamuju | erfashop-com.bravesites.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada palu | erfashop.skyrock.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada padang | erfashop.beep.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada riau | erfashop.wallinside.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada jogja | erfashop.wallinside.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada aceh | makassarwebs.mywapblog.com
[+] obat pembesar penis vimax asli canada bali | bioskop21id.over-blog.com

Anonim mengatakan...

terimakasih infonya
obat gatal pada kulit karena jamur
de nature di apotik
de nature di apotik

Anonim mengatakan...

sangat bermanfaat sekali gan
de nature di apotik
de nature di apotik
obat untuk kutil di kemaluan

Anonim mengatakan...

de nature di apotik
obat wasir berdarah di apotik
de nature di apotik

Anonim mengatakan...

terimakasih infonya gan
de nature di apotik
obat penyakit sipilis di apotik
obat kutil pada kemaluan pria
obat kutil pada kemaluan pria

Anonim mengatakan...

blognya sangat bagus sekali
obat kutil pada kemaluan pria
obat kutil pada kemaluan pria
obat kutil pada kemaluan pria
obat kutil pada kemaluan pria

Anonim mengatakan...

nice share bro
obat wasir berdarah
de nature di apotik
solusi kewanitaanku

Anonim mengatakan...

teruslah berkarya gan
peninggipelangsing.info
obat untuk menambah tinggi badan

Rani mengatakan...

gatal | denature | obat | eko priyanto | eko priyanto | kutil kelamin | denature | wasir | denature | obat herbal | denature | wasir | kemaluan keluar nanah | eko priyanto | sipilis | kutil kemaluan | kutil kemaluan | kutil kemaluan | kutil kemaluan | kutil kemaluan | obat kutil | kutil kelamin

Poskan Komentar

 

Roam to Rome Blog- Moving to Italy, Travel, Studying in Italy.


FORUM PENANAMAN MODAL