"PANCASILA" merupakan sumber dari segala sumber hukum negara. "UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945" merupakan hukum dasar dalam Peraturan Perundang-undangan. "NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA" merupakan konsensus dalam mewujudkan perjuangan bangsa Indonesia yang bersatu. "BHINNEKA TUNGGAL IKA" merupakan solusi dari kemajemukan bangsa.

Senin, 15 Februari 2010

Cara Mengajukan Permohonan Pencabutan Izin Usaha

Senin, 15 Februari 2010

Pencabutan adalah tindakan administratif untuk membatalkan Pendaftaran Penanaman Modal, Izin Prinsip Penanaman Modal, Persetujuan Penanaman Modal maupun Izin Pendirian Kantor Perwakilan Perusahaan Asing. Sanksi administratif ini dikenakan kepada perusahaan yang telah memiliki kegiatan nyata atau memiliki Izin Usaha. BKPM, instansi penanaman modal provinsi maupun kabupaten/kota terpaksa mencabut kembali surat perizinan yang telah diberikan kepada perusahaan karena melakukan penyimpangan dari peraturan surat perizinan penanaman modal yang telah mereka miliki.

Namun demikian, apabila investor memutuskan untuk menutup kegiatan investasinya, juga harus mengajukan permohonan ini. Caranya dengan mengajukan surat permohonan kepada BKPM atau instansi penanaman modal provinsi maupun kabupaten/kota sesuai tempat di mana ia memperoleh surat perizinan sebelumnya. Persyaratan yang harus dilengkapi berupa:
  1. Surat permohonan pencabutan yang ditandatangani oleh direktur atau yang diberi kuasa;
  2. Rekaman RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) yang berisi persetujuan (kesepakatan) pencabutan Pendaftaran Penanaman Modal, Izin Prinsip Penanaman Modal, Persetujuan Penanaman Modal, Izin Pendirian KPPA (kantor Perwakilan Perusahaan Asing), Izin Usaha maupun Izin Usaha Tetap;
  3. Rekaman akta pendirian perusahaan beserta perubahannya;
  4. LKPM (laporan Kegiatan Penanaman Modal) periode terakhir;
Permohonan ditandatangani dan diajukan langsung oleh direksi perusahaan. Jika berhalangan, pemohon dapat menguasakan kepada pihak lain dengan disertai surat kuasa bermaterai. Berdasarkan surat permohonan yang diterima dengan lengkap dan benar, dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja, akan diterbitkan Pencabutan Pendaftaran Penanaman Modal/Izin Prinsip Penanaman Modal/Persetujuan Penanaman Modal atau Izin Usaha. (Tim Editor)

 

Roam to Rome Blog- Moving to Italy, Travel, Studying in Italy.


FORUM PENANAMAN MODAL