"PANCASILA" merupakan sumber dari segala sumber hukum negara. "UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945" merupakan hukum dasar dalam Peraturan Perundang-undangan. "NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA" merupakan konsensus dalam mewujudkan perjuangan bangsa Indonesia yang bersatu. "BHINNEKA TUNGGAL IKA" merupakan solusi dari kemajemukan bangsa.

Sabtu, 13 Februari 2010

Cara Mengajukan Visa Untuk Bekerja

Sabtu, 13 Februari 2010

TKA (Tenaga Kerja Asing) yang akan bekerja pada perusahaan penanaman modal dan KPPA (Kantor Perwakilan Perusahaan Asing) wajib memiliki Visa Untuk Bekerja. Visa tersebut harus dimiliki sebelum tiba di Indonesia, sehingga dapat diurus melalui Kantor Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri (di negara asal tempat calon TKA bermukim).

Untuk memperoleh Visa Untuk Bekerja, perusahaan penanam modal yang menjadi tempatnya bekerja harus memiliki rekomendasi untuk memperoleh Visa Untuk Bekerja. Rekomendasi tersebut dinamakan Rekomendasi TA.01 yang dapat diajukan ke PTSP BKPM dengan menggunakan formulir TA.01, disertai persyaratan:
  1. Rekaman keputusan pengesahan RPTKA;
  2. Rekaman paspor TKA yang bersangkutan yang masih berlaku;
  3. Daftar riwayat hidup terakhir (asli) yang ditandatangani oleh yang bersangkutan;
  4. Rekaman ijazah dan sertifikat pendidikan serta bukti pengalaman kerja dalam bahasa Inggris atau terjemahannya dalam bahasa Indonesia (oleh penerjemah tersumpah);
  5. Rekaman akta atau risalah RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) tentang penunjukkan (pengangkatan) untuk jabatan direksi dan komisaris;
  6. Rekaman surat penunjukkan TKI pendamping;
  7. Pasfoto berwarna TKA yang bersangkutan, berukuran 4x6 sebanyak 1 (satu) lembar;
  8. Permohonan ditandatangani oleh direksi perusahaan;
  9. Surat kuasa bermaterai cukup untuk pengurusan permohonan yang tidak dilakukan oleh direksi perusahaan;
Rekomendasi TA.01 diterbitkan dalam 1 (satu) hari kerja sejak permohonan diterima dan dinyatakan lengkap serta benar oleh pejabat Imigrasi yang ditempatkan di PTSP BKPM. Rekomendasi yang berbentuk Surat Pemberitahuan Persetujuan Pemberian Visa tersebut berlaku dalam jangka waktu 2 (dua) bulan sejak diterbitkan. Surat pemberitahuan itu akan dikirim langsung melalui telex ke Kantor Perwakilan Indonesia di negara pemohon Visa Untuk Bekerja oleh petugas Imigrasi di PTSP BKPM . (Tim Editor)

 

Roam to Rome Blog- Moving to Italy, Travel, Studying in Italy.


FORUM PENANAMAN MODAL